Bawaslu Sangihe Gelar Fasilitasi dan Pembinaan Aparatur Pengawas Pemilu

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Sangihe menggelar kegiatan Fasilitasi dan Pembinaan bagi aparatur pengawas Pemilu. Kegiatan yang diselenggarakan di Hotel Bintang Utara Tahuna tersebut dihadiri oleh Panwascam dari 15 kecamatan yang ada di kabupaten Sangihe.

Pimpinan Bawaslu Sangihe, Wenseslaus Makawaehe, yang juga selaku Kordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (P3S), dalam sambutannya menekankan, bahwa dalam melaksanakan pengawasan pemilu, Panwas di tingkat kecamatan sebaiknya dapat memperbanyak literasi dan memahami berbagai regulasi terkait dengan pengawasan pemilu.

“Kita sebagai aparatur pengawas pemilu, harus memperbanyak literasi-literasi dan rajin membaca serta memahami berbagai regulasi yang ada. Hal ini juga menjadi instruksi dari Bawaslu RI hingga tingkat bawah,” ucap Makawaehe, Rabu (20/9/2023).

Selain itu, Makawaehe juga menyentil terkait dengan koordinasi dan komunikasi antara kordinator divisi dengan staff pendukung pada Panwas kecamatan.

“Jangan ada ego divisi di dalam Panwascam. Pengawasan pemilu ini merupakan tugas kita bersama karena kita itu sifatnya kolektif kolegial. Jadi staff harus diberdayakan. Terus ada juga PKD, dimana PKD itu merupakan ujung tombak dari Panwascam. Intinya aparatur pengawas pemilu harus terus berkoordinasi, di tingkat kecamatan maupun di tingkat kabupaten,” ungkap Makawaehe.

Sementara itu Ketua Bawaslu Sangihe, Edmond Dolongseda, saat memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan mengatakan, agar peserta serius dalam mengikuti kegiatan tersebut, dimana menurutnya dalam materi yang akan dipaparkan oleh para narasumber tentunya akan sangat berguna dalam pelaksanaan pengawas pemilu

“Dengan fasilitasi dan pembinaan ini, teman-teman Panwascam sangat diharapkan dapat mempertajam analisa. Menurutnya dengan mempertajam daya analisa dan mampu memahami regulasi yang ada, Panwascam dapat menguasai setiap masalah yang ada di lapangan,” ungkap Dolongseda.

Hal lain disampaikan dia, agar Panwascam tidak mengeluh terkait dengan kuantitas, tetapi menurutnya bagaimana nantinya kualitas dari masing-masing Panwascam ini dapat mengalahkan persoalan kuantitas.

“Tidak mengeluh tentang kuantitas yang ada tetapi yang perlu dikembangkan yaitu bagaimana kita mampu mengalahkan kuantitas dengan kualitas dari masing-masing pribadi, baik dari kita di kabupaten maupun teman-teman yang ada di kecamatan,” kata Dolongseda.

“Panwascam harus bekerja dengan keras, kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja tuntas. Jadi untuk itu peserta harus memanfaatkan dengan baik kegiatan fasilitasi dan pembinaan di saat ini. Agar supaya kualitas dari teman-teman Panwascam tidak akan diragukan oleh masyarakat,” tambah dia.

Hadir pada kegiatan tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Sangihe, Edmond Dolongseda, Pimpinan Bawaslu Sangihe, Wenseslaus Makawaehe, Koordinator Sekretariat Bawaslu Sangihe Alland Lahinda, serta Kordinator Divisi SDM dan Organisasi dari 15 Panwas kecamatan beserta para staff.