Bupati Gaghana Resmikan Taman Bawah Laut Bank SulutGo

Peliput: Andika Janis

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Bank SulutGo (BSG) Tahuna membuat taman bawah laut dengan cara transplantasi terumbu karang di perairan teluk tahuna, Selasa (8/6/3021). Taman bawah laut yang dilaksanakan dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) BSG ke 60 Tahun ini secara langsung diresmikan Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana.

Bupati dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap BSG dan juga Komunitas Sangihe Dumarela yang telah mengeksplor serta memberikan wawasan terkait dengan pelestarian ekosistem bawah laut.

“Ini merupakan pencapaian visi misi pemerintah daerah di sektor wisata. Dan BSG bersama komunitas Sangihe Dumarela melaksanakan tanggung jawab untuk membuat Taman Laut dan memang ini menjadi harapan kita semua,” kata Gaghana.

Ini merupakan komitmen dan tanggung jawab untuk melestarikan laut di Pantai Tahuna. Sehingga menjadi atensi bagi semua pihak. Dan diharapkan taman laut ini tidak hanya di satu titik, tetapi akan ada titik lain yang akan menjadi ikon, dan menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung ke daerah ini.

“Saya merespon baik dan menghargai apa yang di sampaikan pimpinan cabang BSG. Dan kiranya ini tidak hanya menjadi komitmen dari BSG, tetapi juga menjadi komitmen semua pejabat BSG Cabang Tahuna nantinya, untuk terus menjaga taman laut BSG ini,” ujar Gaghana.

Sementara itu, Branch Manager Bank Sulut-Go Albert Tambariki menjelaskan bahwa Kabupaten Sangihe merupakan surga tersembunyi. Untuk itu, ekosistem bahwa laut yang menjadi ikon di sektor wisata ini harus tetap dilestarikan.

“Nantinya, bibit terumbu karang ini akan dilakukan monitoring, apakah nantinya ada karang-karang yang bertumbuh atau ada yang mati, itu harus diganti. Dan BSG siap membantu pemeliharaan agar ini bisa berkesinambungan. Dan kegiatan ini diharapkan akan menjadi contoh untuk instansi yang lain,” pungkas Tambariki.