oleh

Bupati Gaghana Terima Penghargaan Harmony Award dari Kementerian Agama RI

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE — Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas melalui Sekretaris Jenderal Kementerian Agama RI Prof DR Hi Nizar M.Ag menyerahkan penghargaan Harmony Award kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB Kabupaten Kepulauan Sangihe, yang diterima Bupati Kepulauan Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Ketua FKUB Pdt Ambrosius Makasar M.Th. Kabupaten Kepulauan Sangihe merupakan satu-satunya daerah dari Provinsi Sulawesi utara yang menerima penghargaan ini.

Penghargaan ini, diterima langsung Bupati Sangihe Jabes Ezar Gaghana SE ME dan Ketua FKUB Sangihe, bertempat di kantor Kemenag RI, Rabu (17/2/2021) yang diserahkan oleh Sekjen Kemenag Hi Nizar Ali.

Dikatakan Bupati, penghargaan diberikan sebagai apresiasi kementerian Agama RI terhadap keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB dalam sinergitas membangun kerukunan Umat beragama di Perbatasan NKRI Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Terpilihnya Kabupaten Sangihe dan FKUB sebagai penerima penghargaan Harmony Award adalah wujud kerja keras Pemerintah dan tokoh lintas Agama, serta masyarakat dalam membina kerukunan umat beragama di kabupaten Kepulauan Sangihe,” ucap Bupati

Dirinya mengemukakan, bahwa prestasi ini merupakan prestasi seluruh masyarakat Sangihe. Dan kemajemukan toleransi dan kerukunan di Sangihe harus terus dijaga dan dipelihara meskipun tanpa penghargaan, sebab kerukunan hidup berdampingan antar pemeluk agama itu harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan, dan berbangga dengan prestasi yang diraih oleh FKUB Sangihe, dengan adanya penghargaan ini kiranya kedepan akan lebih memacu FKUB untuk terus berbuat demi mewujudkan dan mempertahankan kerukunan yang ada di Sangihe,” ujar Gaghana.

Ditempat yang sama, Ketua FKUB Sangihe Ambrosius Makasar, penghargaan ini sengat berarti dalam meningkatkan motivasi dan kinerja FKUB, untuk dapat terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan serta kerukumam umat beragama.

“Tentunya penghargaan ini merupakan buah kerja keras semua elemen yang ada, dalam memelihara serta memupuk kerukunan beragama yang ada di Sangihe,” ungkap Makasar.

Sementara itu Menteri Agama melalui Skertaris Jenderal Kemenag Prof DR H. Nizar M.Ag dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe dan FKUB atas capaian dan prestasi yang diraih.

“Penilaian ini adalah objektif bedasarkan indikator-indikator penilaian sebagaimana keberpihakan Pemda dalam konteks menjaga kerukunan umat beragama, dari sisi regulasi maupun dari bantuan-bantuan finansial menunjang operasional FKUB, memperkuat toleransi dan keharmonisan dalam mengawal kerukunan umat beragama di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Saya berharap prestasi yang dicapai hendaknya di pertahankan dan ditingkatkan, agar Kabupaten Kepulauan Sangihe menjadi contoh dalam hal kerukunan antar agama bagi daerah-daerah lain di Indonesia. (Advertorial)

News Feed