Bupati Kunjungi Mabes TNI AL, Bahas Kesiapan Pembangunan Guskamla di Kabupaten Sangihe

Peliput: Andika Janis

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Asisten Perencanaan dan Anggaran (Asrena)  Kasal Laksda Muhammad Ali, SE, MM menerima Kedatangan Bupati Kepulauan Sangihe yang didampingi Komandan Pangkalan Laut Tahuna, Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe dan Ketua Pengadilan Negeri Tahuna, di Markas Besar TNI Angkatan Laut. Hadir juga mendampingi Bupati, Kaban Kesbang, Camat Tamako bersama ketua MTK dan Kapitalaung Kampung Papanaru. Sementera itu Asrena didampingi oleh Paban 1, Paban 2 dan Paban 3 serta staf 84.

Asrena Kasal bersama jajaran menyambut hangat serta menyampaikan apresiasi atas Kedatangan Bupati bersama rombongan, dimana melalui kedatangan tersebut Pemerintah serta mewakili masyarakat Sangihe mengutarakan kesiapan dalam pembangunan Gugus Keamanan Laut (Guskamla) di Kampung Pananaru Kecamatan Tamako.

Dalam kesempatan tersebut Bupati menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sangihe sangat menyambut baik dan selalu berkoordinasi dengan Danlanal bersama jajaran serta unsur Forkopimda lainnya menyangkut persiapan pembangunan Guskamla di Kampung Pananaru.

Menurut Bupati pada umumnya tidak ada kendala perihal persiapan pembangunan Guskamla bahkan mendapat respon baik dari masyarakat, terbukti dari antusias masyarakat saat kedatangan Wakasal yang meninjau lokasi pembangunan beberapa waktu yang lalu.

“Terkait pembebasan lahan sudah difasilitasi oleh Pemerintah, dimana lahan yang sudah bersertifikat adalah sebesar 9,7 hektar dan rencana akan diperluas menjadi total 24 hektar. Untuk sisa pembebasan lahannya tertata di APBD 2022, termasuk untuk akses jalan masuk alternatif yang sudah dilakukan pengukuran oleh instansi terkait pada minggu yang lalu,” ujar Gaghana, Kamis (27/5/2021).

Sementara Itu, Asrena mengatakan bahwa TNI AL sangat mengapresiasi respon dari Pemerintah dan Masyarakat Sangihe dalam Pembangunan Guskamla. Melalui kunjungan Wakasal telah meninjau lokasi rencana pembangunan dan mengatakan lokasi tersebut sangat pas dan strategis untuk pembangunan Guskamla, sehingga Pimpinan Markas Besar TNI AL bersama jajaran berharap pembangunan Guskamla akan sangat menguntungkan kedua belah pihak, baik untuk TNI AL maupun untuk Pemerintah dan masyarakat Sangihe. Asrena meminta kepada Danlanal berkoordinasi dengan lantamal selaku PPK mengenai pengajuan RAB.

Dalam kesempatan yang sama Paban 1 juga menyampaikan optimisme dengan pembangunan Guskamla di wilayah Sangihe akan menjadikan wilayah ini menjadi wilayah segitiga, sangat strategis dan kuat dalam 3 hal yg sangat berhubungan yakni Pemerintahan, Pertahanan dan Ekonomi.

“Dimana dengan pembangunan Guskamla akan membuka peluang Sangihe untuk lebih dikenal dan hal ini akan juga mendukung rencana pengembangan wilayah Sangihe sebagai jalur Perdagangan Barang dan lintas orang Indonesia-Philipin, tinggal bagaimana Sangihe dapat mengembangkan lebih lagi sumberdaya unggulan serta Fasilitasi penunjang di dalamnya,” ungkap dia.

Menyambung hal itu, bupati pun mengatakan bahwa Pemerintah sedang memperjuangkan hal tersebut dan rencana pembukaan jalur Perdagangan terbuka dan lintas orang Sangihe-Gensan telah sampai di tahapan lanjutan setelah dibahas dengan beberapa kementerian baik secara langsung maupun secara during.

“Mudah-mudahan hasilnya seperti yang diharapkan. Saya optimis bahwa dengan niat yang baik dan tulus dalam membangun Sangihe akan mendapatkan hasil yang baik yang dapat dinikmati oleh masyarakat saat ini dan nanti,” tutup bupati.