Cegah Penyebaran Covid-19, Personil Satgas TMMD Kodim 1301/Sangihe Jalani Swab Antigen

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Ditengah situasi Pandemi Covid-19, Kodim 1301/Sangihe melaksanakan tes Swab kepada seluruh personil Satgas yang akan melaksanakan program TMMD ke 112 di wilayah Kampung Pindang Kecamatan Manganitu Selatan. Tes Swab dilakukan oleh Polkes 13.09.01 bertempat di Aula Santiago Kodim 1301/Sangihe, Selasa (14/9/2021).

Menurut Dandim 1301/Sangihe Letkol Arm Lukas Meinardo Sormin S.I.P. M.I.Pol tes swab ini merupakan langkah upaya pencegahan penyebaran Covid-19 pada kegiatan TMMD ke 112.

“Personil TNI yang tergabung dalam satgas TMMD wajib menjalani tes swab, tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan seluruh prajurit yang akan melaksanakan kegiatan TMMD, sekaligus sebagai langkah antisipasi timbulnya klaster baru penyebaran Covid-19 serta memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat di lokasi TMMD,” ujar Dandim.

Dikatakan Dandim, selama pelaksanaan TMMD personil diminta tetap mengedepankan prosedur Protokol kesehatan. Jika nantinya ada personil yang positif sesuai hasil swab, maka personil tersebut akan dibatalkan keberangkatannya ke lokaso TMMD.

“Tentu, bila hasilnya nanti ada yang positif kita akan lakukan upaya pencegahan dan tidak memberangkatkan personil tersebut. Hal ini sesuai Petunjuk dari Komando atas untuk mewajibkan seluruh personel satgas menjalani uji swab antigen, karena mereka akan berinteraksi dengan warga masyarakat di lokasi TMMD, sehingga kita harus pastikan bahwa personil yang kita kirim ke Kampung Pindang betul-betul dalam kondisi sehat dan tidak terpapar Covid-19,” tutup Dandim.