FPTI Sitaro Akan Gelar SCE 2023, Total Hadiah Rp 15 Juta

BERITA ONLINE LOKAL, SITARO – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) akan menggelar Sitaro Climbing Expo (SCE) tahun 2023. Event olahraga panjat tebing pertama kali di pulau Karangetang ini, rencananya akan dihelat selama empat hari, mulai tanggal 15 hingga 18 Maret 2023, bertempat di venue Wall Climbing gedung Museum, kecamatan Siau timur.

Diungkapkan Ketua umum FPTI Sitaro, James F. Tamo, ST, bahwa SCE yang akan dilaksanakan ini, selain mengenalkan secara langsung olahraga panjat tebing bagi masyarakat di Kabupaten Sitaro, juga memiliki tujuan untuk memotivasi para atlet agar tetap semangat dalam mengasah skill untuk menggapai prestasi lewat olahraga panjat tebing.

“Event ini bertujuan untuk mengenalkan olahraga panjat tebing, sekaligus merangsang anak muda di Kabupaten Sitaro yang memiliki minat serta bakat di olahraga panjat tebing,” ucap Tamo.

Dikatakan dia, meskipun kepengurusan FPTI Sitaro baru terbentuk, namun keseriusan untuk membangun daerah lewat olahraga sudah terbukti dengan adanya perolehan medali emas pada Pekan Olahraga Provinsi XI Sulut di Bolmong, lalu.

“Kami sangat berharap, dengan adanya prestasi yang mampu dicetak FPTI Sitaro pada Porprov lalu, kiranya olahraga panjat tebing ini bisa mendapatkan perhatian serius dari Pemerintah daerah seperti peningkatan fasilitas, agar kedepan akan lebih banyak mendulang prestasi,” tukas dia.

Sebanyak 7 kategori yang nantinya akan diperlombakan dalam Sitaro Climbing Expo, yaitu Kategori Boulder Umum Putra, Kategori Boulder Umum Putri, Kategori Speed Klasik Umum Putra, Kategori Speed Umum Putri, Kategori Speed Lokal Putra, Kategori Speed Lokal Putri, serta Kategori Boulder Mix. Dengan total hadiah sebesar Rp 15 juta.