FPTI Sulut Utus Dua Atlit Putera Ikuti Kejurnas KU di Aceh

BERITA ONLINE LOKAL, SULUT – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Utara (Sulut) yang saat ini dinahkodai dr Richard Sualang, mengutus dua atlit putera untuk mengikuti Kejuaraan Nasional Kelompok Umur (Kejurnas KU) panjat tebing XV tahun 2021 di di Aceh. Dua atlit putera yang nantinya akan berlaga di Kejurnas KU pada tanggal 18-25 November 2021 ini masing-masing bernama Keyji Basilius Desckartes asal Kabupaten Sangihe dan Andika Prayoga asal Kota Kotamobagu.

Marthin Makarunggala selaku manager serta pelatih mengatakan, sebelumnya FPTI Sulut sudah melakukan seleksi yang diikuti oleh 8 orang atlit putera dan 2 atlit puteri yang berasal dari beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Sulut.

“Kami sudah melakukan banyak persiapan untuk mengikuti Kejurnas KU ini, seperti seleksi atlit yang sangat ketat dan pemusatan latihan bagi atlit yang lolos dalam seleksi,” ujar Makarunggala, ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler, Selasa (16/11/2021).

Dikatakan Makarunggala, pada Kejurnas KU panjat tebing yang akan dilaksanakan di Kota Banda Aceh, dua atlit putera ini nantinya akan berlaga di kelompok umur Youth A, dengan tiga kategori yang dipertandingkan yaitu Boulder perorangan, Speed World Record (WR) perorangan dan Lead perorangan.

“Ada beberapa kategori yang dipertandingkan di kelompok umur ini yaitu Spider Kids untuk umur dibawah 14 tahun, Youth B untuk umur 15-16 tahun, Junior 18-19 tahun, nah untuk atlit Sulut sendiri akan mengikuti kategori Youth A dengan klasifikasi umur 16-17 tahun,” terang dia.

Lanjut dia, terkait dengan target raihan medali di Kejurnas ini belum menjadi prioritas. Menurutnya, tujuan utama keikutsertaan FPTI Sulut pada Kejurnas kali ini untuk memperkenalkan kepada atlit muda bagaimana berkompetisi ditingkat Nasional.

“Jadi ini baru tahap pengenalan untuk para atlit muda dalam rangka pembinaan jangka panjang, targetnya FPTI Sulut itu di PON 2024. Saat ini FPTI Sulut berkomitmen pada penjaringan dan pelatihan yang terstruktur. Jadi ini sebagai ajang untuk mengasah dan memperkuat mental atlit, kami belum menargetkan medali,” tukas dia.

Namun, lanjut dia lagi, bahwa dalam pertandingan yang akan diikuti dua atlit putera ini dipastikan akan memberikan yang terbaik. Dimana nantinya dari hasil pertandingan tersebut akan menjadi bahan evaluasi bagi FPTI Sulut. Untuk itu dirinya berharap dari Kejurnas ini, dapat memberikan motivasi pada para atlit agar lebih giat dan serius lagi dalam menjalani latihan kedepan.

“Pastinya kita berusaha memberikan hasil yang terbaik. Nantinya, dari hasil Kejurnas ini juga akan menjadi bahan evaluasi. FPTI Sulut juga ingin melakukan peningkatan prestasi walaupun belum ada target medali. Target kita saat ini, selesai kejurnas ada peningkatan mental atlit, jadi atlit dapat gambaran bagaimana kompetisi di tingkat nasional serta bagaimana kekuatan atlit dari daerah lain,” pungkas dia.