Kakan Kemenag Sangihe Tavip Pakaya Buka Dialog Lintas Agama

Peliput : Andika Janis

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE — Dalam rangka meningkatkan komunikasi dan kerukunan antar umat beragama, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sangihe menggelar Dialog Lintas Agama. Kegiatan yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama ini dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Kemenag (Kemenag) Sangihe Drs Tavip Pakaya, di Aula Kantor Kemenag, Rabu (28/4/2021).

Dialog yang mengangkat tema Perkuat Moderasi Beragama di Kabupaten Sangihe ini menghadirkan tokoh agama, Ketua dan Pengurus FKUB, serta Kepala Kesbangpol Sangihe Frangky Nantingkaseh.

Dalam sambutanya Kepala Kantor Kementrian agama mengatakan pentingnya menjaga kerukunan umat beragama .kita mengetahui bahwa dua di antara tiga Mantra Kementerian Agama yaitu “Moderasi Beragama” dan “ menjaga kebersamaan Umat” yang memberikan pengertian yang sesungguhnya dalam menjalin dan mewujudkan kerukunan antar umat beragama.

“Moderasi beragama adalah mengamalkan pemahaman beragama yang berimbang yang sesuai dengan ajaran agama, tanpa melebih-lebihkan atau tanpa mengurangi,” ucap Pakaya.

Lanjut dikatakannya, menggunakan pemahaman agama yang mengedepankan nilai-nilai kasih sayang, yang dalam bahasa agama disebut rahmah, perdamaian atau salam, dan toleransi dengan tidak mengorbankan ajaran-ajaran dasar Agama.