Kapolres Sangihe Pimpin Apel Gelar Pasukan, Operasi Patuh Samrat 2023 Dimulai

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Kepolisian Resor (Polres) Kepulauan Sangihe menggelar Apel Gelar Pasukan dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Samrat 2023, yang nantinya akan dilaksanakan selama 14 hari kedepan, mulai tanggal 10 Juli 2023 hingga 23 Juli 2023. Apel dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Sangihe, AKBP Dhana Ananda Syahputra, bertempat di halaman depan Mapolres Sangihe, Senin (10/7/2023).

Dikatakan Kapolres, dalam apel yang dihadiri Penjabat bupati kepulauan Sangihe serta unsur Forkopimda, sejumlah Kepala OPD, serta pejabat utama Polres Sangihe, bahwa gelar pasukan ini dilakukan untuk memastikan bahwa Polres Sangihe, beserta seluruh instansi terkait sudah siap dalam menghelat operasi patuh samrat 2023.

“Gelar pasukan ini dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda dan satuan kewilayahan, ini merupakan bagian penting yang harus dilaksanakan dalam suatu proses manajerial, untuk memastikan bahwa kita semua kita semua yang terlibat dalam operasi patuh samrat 2023 ini benar-benar siap, baik dari segi kekuatan personel, kemampuan, maupun kelengkapan sarana prasarana,” jelas Kapolres, saat membacakan amanat Kapolda Sulut.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Sangihe, Iptu Ismail Diko, menjelaskan bahwa operasi patuh saat ini memiliki tujuh sasaran prioritas terhadap pengendara.

“Jadi ada tujuh yang menjadi sasaran kami pada operasi saat ini, yaitu penggunaan ponsel saat berkendara, pengendara masih dibawah umur, boncengan lebih dari satu, tidak menggunakan helm, pengendara dibawah pengaruh alkohol, pengendara yang melawan arus lalulintas, membawa kendaraan melebihi kecepatan,” ujar Kasat Lantas.

Diko membeberkan, terkait dengan pelaksanaan operasi nantinya, akan dilakukan dengan metode hunting.

“Untuk cara penilangan kami akan laksanakan dengan cara hunting atau melakukan patroli. Karena kami tidak melakukan dengan sistem razia. Jika ada pengemudi kendaraan yang didapati melanggar aturan maka akan langsung ditindaki atau ditilang,” jelasnya.

Diko berharap, dengan adanya operasi patuh samrat 2023 ini, para pengendara di kabupaten Sangihe bisa lebih tertib dalam berlalu lintas dan mematuhi segala peraturan lalu lintas.

“Kami menghimbau bagi para pengendara untuk tetap tertib dalam berlalu lintas, mematuhi segala bentuk peraturan lalu lintas serta melengkapi surat-surat kendaraan, dan selalu menjaga keselamatan dalam berkendara,” tutup dia.