oleh

Kasus 02 dan 03 Positif Covid-19 di Minsel Memiliki Penyakit Penyerta

JURU Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Sulawesi Utara telah mengumumkan adanya penambahan kasus Covid-19 asal Kabupaten Minahasa selatan pada hari ini, Kamis (21/5).

Terkait hal ini dinas kesehatan Minahasa Selatan melalui Kepala Dinas dr Edwin Schouten mengatakan bahwa dua kasus baru ini adalah kasus nomor 166 dan 179.

Sedangkan untuk Minsel, kedua pasien ini merupakan pasien 02 dan 03. Dijelaskannya, pasien 02 Minsel berjenis kelamin Laki-laki, umur 37 Tahun dan merupakana pasien dalam pengawasan (PDP).

“Pasien dirawat di salah satu rumah sakit swasta Manado dan yang bersangkutan mempunyai penyakit penyerta (komorbid ).

Sedangkan pasien yang satunya lagi merupakan pasien kasus nomor 179 jenis kelamin perempuan dengan umur 41 Tahun dan pasien sedang dirawat di ruang Isolasi RS Prof Kandou Manado . Yang bersangkutan masuk RS pada tanggal 19 mei 2020 dengan keluhan badan terasa lemah,”jelas Schouten.

Dengan demikian pasien positif Covid-19 secara komulatif kasus terkonfirmasi di Kabupaten Minahasa Selatan adalah 3 kasus 1 kasus telah meninggal dunia pada tanggal 20 mei 2020 di RS Prof Kandou Manado dan dimakamkan sesuai protokol ke-19 di desa tempat domisili dan 2 kasus sementara dalam perawatan di ruang isolasi pada rumah sakit yang ada di Manado.

“Dengan adanya tambahan 2 kasus terkonfirmasi positif di hari ini tugas kami sebagai tenaga kesehatan akan melakukan edukasi penyelidikan epidemiologi tracing dan tracking bahkan memeriksa semua yang kontak dengan kasus positif lewat pengambilan swab dan Screening Rapid Tes sesuai SOP itu adalah bagian dari pencegahan dan pengendalian,” ujar Schuthen.

Ditambahkannya, untuk menghentikan penularan penyakit ini adalah tanggung jawab bersama didalamnya ada masyarakat. Pemerintah terus menghimbau untuk terus melakukan Social distancing/physical distancing, hindari berada di kerumunan orang banyak termasuk acara-acara yang terkumpul banyak orang berperilaku hidup bersih dan sehat cuci tangan pakai sabun gunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah menyentuh apapun wajib menggunakan masker yang menutupi mulut dan hidung jangan stres makan makanan bergizi dan seimbang kalau tidak ada hal yang mendesak jangan keluar rumah istirahat yang cukup dan terus berdoa. (citra soputan)

News Feed