Kemenparekraf Bersama Komisi X DPR RI Gelar BISAFEST di Minahasa 

Peliput : Meifi Benua

BERITA ONLINE LOKAL, MINAHASA— Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama Komisi X DPR RI menggelar kegiatan BISAFEST (Bersi, Indah, Sehat, Aman Festival) di Kabupaten Minahasa dengan Tema “Pesona Budaya Minahasa”.

Deputi Bidang produk wisata dan penyelenggara kegiatan (Events) kementerian pariwisata dan ekonomi kreatif/ badan pariwisata dan ekonomi kreatif Republik Indonesia Rizky Handayani Mustafa mengatakan BISAFEST adalah kegiatan ekonomi kreatif dan pariwisata di daerah dengan bekerjasama Komisi X DPR RI.

“Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bekerja sama dengan Komisi X DPR RI menggelar kegiatan BISAFEST guna mendorong perekonomian di daerah-daerah dalam mengembangkan potensi pariwisata yang dimiliki.” tutur Handayani saat membawakan sambutan, Sabtu (7/3/2022)

Handayani pun mengungkapkan salah satu tujuan kegiatan tersebut adalah bagaimana memberdayakan pelaku event yang selama ini sangat terdampak akibat pandemi Covid19.

“Dengan kegiatan ini pemerintah pusat melalui Kemenparekraf mendukung pengembangan potensi ekonomi kreatif pariwisata di daerah (Minahasa) khususnya para pelaku event yang sangat terdampak akibat pandemi Covid19.” katanya.

Minahasa memiliki banyak potensi pariwisata, menurut dia, baiknya Kabupaten Minahasa harus mampu memiliki branding wisata tersendiri.

“Jadi seperti daerah Manado dan Kota Bitung, disana orang lebih banyak tau kalau Manado dan Bitung adalah daerah wisata bahari. Begitu pun daerah Minahasa baiknya dalam pengembangan wisata dapat menonjolkan ciri khasnya.” kata Handayani.

Kegiatan yang digelar di lokasi taman pustaka SHS pun diapresiasi Deputi Rizky Handayani. Menurutnya taman pustaka milik pribadi peninggalan almarhum mantan Gubernur Sulawesi Utara Sinyo Harry Sarundajang (SHS) adalah salah satu yang pertama milik pribadi dijadikan untuk umum.

“Ini mungkin salah satu yang ada di indonesia yang mana suatu peninggalan pustaka dari seseorang SHS dijadikan taman pustaka untuk umum.” ujar Deputi Handayani.

Senada dengan Handayani, anggota Komisi X DPR RI, Vanda Sarundajang mengatakan pihaknya (Komisi X DPR RI) memfasilitasi guna terselenggaranya BISAFEST di Kabupaten Minahasa dengan tema “Pesona Budaya Minahasa”

“Komisi X DPR RI memfasilitasi agar BISAFEST dapat diselenggarakan di Kabupaten Minahasa.” kata Vanda usai kegiatan kepada sejumlah wartawan.

Vanda pun berharap dengan diselenggarakannya BISAFEST ini dapat memajukan kembali ekonomi pariwisata di Kabupaten Minahasa.

“Kita ketahui bersama pandemi Covid19 sangat mempengaruhi dunia ekonomi pariwisata di Minahasa bahkan dunia, sangat diharapkan kiranya pandemi segera usai dan dengan kegiatan ini kiranya menjadi langka awal memantik kemajuan ekonomi pariwisata di Minahasa didalamnya termasuk pelaku seni dan budaya.” tutup legislator DPR RI kelahiran Minahasa.