Lanal Tahuna dan DLH Sangihe Tanam Pohon Bakau di Petta Timur

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Pangkalan TNI AL Lanal Tahuna dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kepulauan Sangihe, melaksanakan giat bakti sosial penanaman pohon bakau secara serentak, yang diadakan oleh TNI Angkatan Laut dalam rangka bakti TNI Angkatan Laut dan pencanangan Tahun 2022, Senin (6/6/2022) di kampung Petta Timur Kecamatan Tabukan Utara (Tabut).

Disela-sela penanaman mangrove tersebut Komandan Lanal (Danlanal) Tahuna Kolonel Laut (P) Sobarudin M Tr Hanla melalui Palaksa Lanal Tahuna Kapten Laut (P) Wartokhid mengatakan, penanaman mangrove ini sebenarnya akan dilaksanakan secara serentak pada minggu ke-4 bulan Juli tahun 2022, hanya saja bibitnya terlalu banyak berjumlah 6.000, jadi dibagi dua tahap.

“Tahap pertama ada sebanyak 3.000 bibit, diantaranya 600 bibit di kawasan mangrove pasar Towo’e Kelurahan Sawang Bendar, dan 1.400 bibit ditanam di Kampung Rendingan Kecamatan Tabukan Selatan (Tabsel) dan hari ini 1.000 bibit di Kampung Petta Timur,” ujar Wartokhid.

Menurut dia, tidak seluruh Kabupaten kepulauan Sangihe dilakukan penanaman bibit mangrove. Karena perintah dari dinas potensi maritim angkatan laut, diutamakan adalah Kampung yang memiliki kawasan hutan lindung mangrove dan kampung bahari Nusantara. Dimana Kampung tersebut merupakan kampung dari binaan TNI angkatan laut itu sendiri.

“Mangrove mempunyai banyak manfaat yang sangat besar, salah satunya adalah menghindari dari abrasi laut, abrasi sungai maupun abrasi pantai. Sehingga mencegah salah satu menjaga terjadinya tsunami,” terang dia.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sangihe Porkius Parera melalui Sektretaris DLH Ronny Pasiale mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak Lanal Tahuna, yang boleh mengagendakan kegiatan penanaman pohon bakau ini. Hal ini juga merupakan sinergitas antara Pemda Sangihe dengan pihak TNI AL dalam rangka Hari Lingkungan hidup sedunia dengan tema satu bumi untuk masa depan.

“Serta sesuai arahan Ibu Penjabat Bupati, dimana setiap agenda yang bersentuhan langsung dengan masyarakat demi kepentingan orang banyak, wajib kita dukung sepenuhnya,” singkat Pasiale.

Hadir pada kesempatan tersebut Sekretaris DLH Sangihe Ronny Pasiale, Sekretaris Camat Tabukan Utara Socrates Markus, Kapitalaung Kampung Rendingan Abdul Nagaring, Kapitalaung Kampung Petta Timur Irwanto Adilang, Dandenpom Lanal Tahuna.Mayor Laut (PM) Suheris Sitorus, Pasops Lanal Tahuna Kapten Laut (P) Wartokhid, Ka Akun Lanal Tahuna Kapten Laut (S) Sudirman, Paur Polgi BK Lanal Tahuna Letda Laut (K) drg. M. Faizal Winaris, S.H, Paur Verifikasi PPSPM Akun Letda Laut (S) Teguh Aris Diyanto.