Loris: Kasus Pasien Terkonfirmasi Covid-19 di RSUD Liun Kendage Dibawah 50 Persen

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Liun Kendage Tahuna, dr Aprikonus D. Loris Sp. PD, mengungkapkan sesuai data pada bulan Februari 2022, jumlah pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 berada di bawah angka 50 persen.

Dikatakan Loris, sejak awal hingga akhir bulan Februari 2022 tercatat ada sebanyak 251 pasien yang masuk di rumah sakit. Namun, setelah melalui protokol kesehatan Covid-19 yang ketat menyebutkan ada 112 pasien terkonfirmasi positif Covid-19, sedangkan 139 pasien lainnya dinyatakan negatif.

Meski perkiraan para ahli akan terjadi peningkatan kasus Covid-19 di akhir bulan Februari, hal ini ditunjukkan dengan tren peningkatan kasus di berbagai wilayah.

“Namun demikian, sesuai data di rumah sakit sejak tanggal 14 hingga 28 Februari hingga 2022 menunjukan bahwa dari total 100 persen kunjungan hanya 44 persen pasien yang terkonfirmasi Covid-19,” ungkap Loris ketika dikonfirmasi.

Lanjut pria yang juga menjabat sebagai ketua IDI Kabupaten Sangihe ini, walau menunjukan tren kasus yang tidak terlalu tinggi, pihak RSUD Liun Kendage akan terus meningkatkan kesiapsiagaan layanan kesehatan.

“Kesiapsiagaan layanan kesehatan di rumah sakit tetap ditingkatkan, terutama ruang perawatan pasien Covid-19, guna mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi eskalasi kasus,” jelas dia.

Dirinya juga mengingatkan kepada masyarakat, tentang pentingnya vaksinasi dan tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Vaksinasi dan protokol kesehatan merupakan kunci pengendalian Covid-19, kombinasi keduanya terbukti efektif dalam menekan angka kesakitan dan keparahan akibat infeksi Covid-19,” tutup Loris.