oleh

Maurits Sebut SMK PK Solusi Komprehensif Jawab Tantangan Pembenahan SMK

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Program SMK Pusat Keunggulan merupakan perwujudan visi Presiden Joko Widodo terkait pembenahan pendidikan vokasi sebagai strategi pengembangan sumber daya manusia (SDM) Indonesia.

Hal ini dikatakan Wali Kota Bitung Maurits Mantiri saat menghadiri sekaligus membuka Sosialisasi dan Koordinasi Pengembangan SMK PK (Pusat Keunggulan) SMK Negeri 2 Bitung, Selasa (7/9/2021).

“SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” ucapnya.

Menurut Maurits, bahwa fokus program SMK Pusat Keunggulan adalah penguatan SDM, yaitu penguatan kepala sekolah, pengawas sekolah, dan guru. “Penguatan ini diberikan melalui program pelatihan dan pendampingan intensif untuk mewujudkan manajemen dan pembelajaran berbasis dunia kerja,” tuturnya.

Wali Kota menambahkan, bahwa inovasi dari program SMK Pusat Keunggulan adalah adanya pendampingan oleh perguruan tinggi. Perguruan tinggi akan terlibat dan berperan sebagai kakak pendamping.

“Misalnya, perguruan tinggi dengan pengalaman, rekam jejak, dan jejaring yang baik dengan dunia kerja dapat membantu mempercepat akses SMK untuk bermitra dengan dunia kerja. Perguruan tinggi juga dapat mendorong perbaikan kualitas dan kinerja SMK dalam perencanaan dan pengelolaan program,” ujarnya.

Dengan terpilihnya SMK Negeri 2 Bitung sebagai SMK PK, Maurits berharap menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan menyeluruh dengan dunia kerja.

“Sekolah ini menjadi rujukan serta melakukan pengimbasan untuk mendorong peningkatan kualitas dan kinerja SMK di sekitarnya. Untuk mencapai visi tersebut, keselarasan antara SMK Pusat Keunggulan dengan dunia kerja tidak hanya diwujudkan melalui MoU saja, tetapi harus berlangsung secara mendalam dan menyeluruh,” tandasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Bidang SMK Dinas Pendidikan Provinsi Sulut Debby Mamangkey SPd MAP, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Minut-Bitung Dra. Femmy Mamahit, Asisten I Pemkot Bitung Julius Ondang, Tim Pendamping Perguruan Tinggi Universitas Halu Oleo Kendari Ainussalbi Al Ikhsan ST MSc, Pihak DUDIKA PT. United Tractors Novri Mentu, Komite serta para tenaga pendidik SMK Negeri 2 Bitung.

News Feed