Oroh: ASN Harus Memiliki Kompetensi, Berintegritas dan Profesional

BERITA ONLINE LOKAL, SITARO – Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai pilar utama dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, memiliki peran strategis dalam mewujudkan visi dan misi pemerintah, serta menjaga stabilitas dan kemajuan bangsa. Hal ini disampaikan Penjabat Bupati Kepulauan Sitaro, Joi E. B. Oroh, dalam Apel Kerja ASN di lingkup Pemkab Sitaro di Tagulandang, Senin (29/01/2024).

“Oleh karena itu, ASN harus memiliki kompetensi, integritas, dan profesionalisme yang tinggi, serta berorientasi pada kepentingan Negara dan masyarakat,” tegas Oroh.

Terkait itu, dirinya mengimbau kepada seluruh jajarannya agar tidak membuang waktu serta menunda pekerjaan. Menurutnya, sebagai ASN harus mampu mengasah kemampuan diri dan mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman dan teknologi yang semakin cepat dan dinamis.

“Saat ini perkembangan teknologi semakin pesat, dan kita harus bisa mengimbanginya dengan selalu mengasah kemampuan diri serta beradaptasi, dengan begitu kita mampu menciptakan berbagai inovasi dalam menyelenggarkan roda pemerintahanan, pembangunan dan pelayanan bagi masyarakat,” ucap dia.

Disampaikan Oroh, bahwa seiring dengan masuknya beberapa hari kedepan pada bulan pemilu 2024, yang perlu diingatkan bahwa ASN harus bersikap netral.

“Penting bagi setiap ASN untuk menjaga netralitas dan memberikan pelayanan terbaik tanpa adanya pengaruh politik yang dapat mengganggu demokrasi. Mari bersama-sama memastikan proses demokrasi berjalan lancar, jujur, dan adil,” jelas dia.

Saya berharap, lanjut Oroh, bahwa di Tahun 2024 menjadi periode yang lebih baik, produktif, dan bermakna.

“Dengan semangat kerja sama, gotong-royong, dan sinergi, kita dapat meningkatkan kualitas kinerja serta memberikan kontribusi positif bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Sitaro,” ungkapnya.

Oroh juga memberikan apresiasi serta ucapan terima kasih terhadap seluruh jajarannya yang sudah berdedikasi dan bekerja keras melaksanakan tugas dan tanggungjawab dengan baik.

“Dengan bangga, saya ucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua yang telah berdedikasi, bekerja keras, dan berinovasi dalam melaksanakan tugas dan fungsi masing-masing. Apresiasi juga diberikan untuk kreativitas dan kolaborasi perangkat daerah yang berhasil menyelenggarakan agenda pemerintah daerah di Pulau Tagulandang saat ini,” pungkas Oroh.

Dalam kesempatan itu, Penjabat Bupati juga menyerahkan Surat Keputusan pensiun, kenaikan gaji berkala dan kenaikan pangkat, dan dilanjutkan dengan penyematan tanda jabatan secara simbolis kepada perwakilan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator sebagai tindak lanjut implementasi Peraturan Bupati tentang pakaian dinas.