oleh

Pembangunan RSUD Pratama Bitung Resmi Dimulai

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Kota Bitung resmi dimulai, Selasa (31/8/2021).

Pembangunan itu ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bitung, Maurits Mantiri-Hengky Honandar serta perwakilan Forkopimda.

Adapun lokasi pembangunan RSUD Pratama Kota Bitung terletak di Kolombo Kelurahan Bitung Tengah Kecamatan Maesa

Sebelum proses peletakan batu pertama, Plt Kepala Dinas Kesehatan Pemkot Bitung, dr Pitter Lumingkewas dalam laporannya menyampaikan jika proses pembangunan RSUD Pratama bersumber dari DAK 2021 dan dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Untuk tahap awal kita menggunakan dana DAK 2021 yang terdiri dari 15 kontrak sebesar Rp 15 miliar untuk alat kesehatan atau Alkes,” ucapnya.

Alkes itu kata dia, sudah melalui e-katalog dan semuanya sudah dipesan serta tinggal menunggu barang datang. “Selain itu, pekerjaan fisik yang dimenangkan PT Kurnia Jaya Sejati dengan nilai kontrak sebesar Rp 24.033.200.000 serta sarana prasarana yang dimenangkan CV Jibob sebesar Rp 1.978.000.000,” tutur Pitter.

RSUD Pratama Kota Bitung, lanjut Mantan Dirut RSUD Manembo-nembo ini, bakal dibangun dua lantai dengan jumlah kamar kurang lebih 50 terbagi atas ruangan VIP, kelas, IGD serta fasilitas kesehatan lengkap. “Masa pekerjaan sampai tanggal 26 Desember 2021 dan jika tidak ada halangan, awal 2022 sudah mulai dioperasikan,” pungkas Pitter.

Sementara itu, Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan, pembangunan RSUD Pratama Kota Bitung secara bertahap. Dan untuk tahap awal dibiayai menggunakan DAK serta tahap berikutnya menggunakan dan PEN.

“Alasan pemilihan Kolombo sebagai lokasi juga sudah melalui kajian, yakni mendekatkan pelayanan kepada masyarakat di sekitar Kecamatan Maesa, Aertembaga dan Pulau Lembeh,” ucapnya.

Maurits juga mengatakan, fasilitas rumah sakit adalah salah satu tolok ukur bagi para calon investor untuk mau berinvestasi.

Dan dengan kehadiran RSUD Pratama, kata dia, bakal menjawab sekaligus menarik para investor untuk berinvestasi di Kota Bitung karena dari gambar perencanaannya terlihat megah.

“Semoga realisasi fisik betul-betul sama dengan gambar yang ada di baliho agar kita semua merasa bangga punya rumah sakit megah,” harapnya.

Selain itu kata Wali Kota, berbagai cara terus dilakukan Maurits-Hengky untuk memenuhi pelayanan dasar bagi masyarakat, salah satunya dengan menghadirkan rumah sakit yang memadai dan berkelas.

“Dari segi lokasi, view RSUD Pratama sangat menarik karena ada gunung dan pemandangan laut serta Pulau Lembeh. Tidak semua rumah sakit punya view seperti ini, jadi sangat tepat pemilihan lokasinya,” tutupnya.

Hadir juga dalam peletakan batu pertama Plt Asisten II, Benny Lontoh, Forkopimda seperti Kapolres Bitung, AKBP Alam Kusuma S Irawan SH SIK MH, Danyonmarhanlan VII Bitung, Letkol Marinir Anugerah Auliadi Santoso dan Direktur PT Kurnia Jaya Sejati, Deksi Toreh serta sejumlah pejabat Pemkot Bitung.

News Feed