Perdana Digelar, Festival Rumah Raja Manganitu Tahun 2023 Dibuka Tamuntuan

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Pj Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan secara resmi membuka kegiatan Festival Rumah Raja Manganitu Tahun 2023, kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan ini melibatkan seluruh kampung di wilayah Kecamatan Manganitu dengan stand yang menampilkan produk kerajinan lokal dan beragam kuliner.

Pelajar dari SD, SMP, dan SMA juga ikut serta dalam lomba baca puisi dan pagelaran seni budaya, termasuk tarian ampa wayer dan masamper, Kesenian khas daerah, seperti Musik Orkes, Musik Bambu, Vokal Grup, Solo/Duet, Poco-poco, hingga Gelar Kreasi, turut ditampilkan oleh pelajar dan masyarakat umum.

Tamuntuan mengapresiasi Pemerintah Kecamatan Manganitu, Kapitalaung (Kepala kampung/desa), dan masyarakat atas segala dukungan dalam kegiatan ini, yang dianggapnya sangat mendukung pengembangan pariwisata dan budaya Kabupaten Kepulauan Sangihe.

“Kegiatan ini sangat penting dalam melestarikan nilai-nilai budaya daerah dan memberikan dampak positif pada dunia pendidikan dan generasi penerus. Saya juga mengajak masyarakat Manganitu untuk bersyukur atas penganugerahaan Gelar Pahlawan Nasional yang diterima oleh Raja Bataha Santiago pada tanggal 10 November 2023,” ungkap Tamuntuan saat membuka kegiatan, bertempat di Rumah Raja Manganitu, Senin (20/11/2023).

Ketua Panitia Festival Rumah Raja, Richard Manulong, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dukungan Pemerintah untuk menunjang bakat anak-anak dari SD hingga SMA.

“Kegiatan ini juga untuk mendukung program pengembangan pariwisata dan pelestarian seni budaya di Kabupaten Kepulauan Sangihe. Festival ini juga dijadikan sarana promosi wisata Rumah Raja dan pemberdayaan UMKM,” sebut Manulong.

Usai pembukaan, dr. Rinny Tamuntuan bersama sejumlah pejabat mengunjungi stand-stand di lokasi festival Rumah Raja Menganitu untuk melihat langsung produk-produk serta karya seni yang ditampilkan.