oleh

Peringati Hari Bumi, Mapala Anemon Polnustar Gelar Aksi Bersih Gunung Awu

Peliput: Andika Janis

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Anemon Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) Tahuna menggelar Aksi Bersih Gunung Awu. Selain Pengurus dan anggota Mapala Anemon, kegiatan bersih Gunung Awu ini juga turut melibatkan beberapa Komunitas Pecinta Alam (KPA) serta organisasi pegiat lingkungan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2021 ini dibuka oleh Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Polnustar Jefry A Mandeno. Pada sambutannya, Mandeno memberikan apresiasi kepada seluruh peserta.

“Saya sangat berterima kasih kepada Mapala Anemon serta seluruh peserta yang sudah turut berpartisipasi dalam kegiatan aksi bersih gunung Awu ini,” ucap Mandeno, bertempat di lapangan Volly Kampus Polnustar Tahuna, Jumat (23/4/2021).

Menurutnya, jika bicara soal sampah memang sudah menjadi ‘musuh’ dunia dan sudah menjadi masalah utama.

“Ini adalah salah satu wujud nyata kita untuk memperingati Hari Bumi. Memang saat ini plastik menjadi masalah dunia, dan menjadi masalah utama. Dan ini merupakan tugas kita bersama dalam memerangi sampah plastik,” jelas dia.

Mandeno berharap dengan adanya kegiatan ini bisa marangsang para pegiat alam agar tetap menjaga kebersihan Gunung Awu dengan tidak membuang sampah.

“Gunung Awu adalah salah satu gunung yang menurut saya paling indah di Sulut dibanding gunung lain yang pernah saya daki. Saya berharap kiranya dengan kegiatan ini, KPA serta organisasi pegiat lingkungan lainnya kedepan bisa menjaga kelestarian Gunung Awu. Sehingga kedepan bisa menjadi tempat yang nyaman untuk para pendaki atau masyarakat yang melakukan wisata gunung awu,” ungkap Mandeno yang juga merupakan anggota luar biasa Mapala Zooxanthellae FPIK Unsrat.

“Saya rasa ini merupakan hal yang positif, muda-mudahan kesadaran kita untuk menjaga lingkungan menjadi lebih baik. Yang paling penting itu bukan soal mengangkat sampah, tapi tidak membuang sampah, kalau tidak bisa membersihkan maka jangan dikotori,” sambung dia.

Sementara itu, Ketua Mapala Anemon Clarissa Budiman mengatakan, bahwa kegiatan aksi bersih gunung Awu ini selain dalam memperingati Hari Bumi, juga sudah menjadi program kerja pengurus Mapala Anemon.

“Ini sudah teragendakan dalam program kerja yang dibawahi Divisi Mountaineering. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari. Peserta yang turut terlibat pada kegiatan ini sebanyak 26 peserta, dari berbagai KPA dan organisasi pegiat lingkungan,” jelas Clarissa.

Hadir pula pada pembukaan kegiatan Aksi bersih Gunung Awu ini yaitu Pembina Mapala Anemon Edwin O Langi yang juga anggota luar biasa Mapala Zooxanthellae FPIK Unsrat, perwakilan Dewan Pengurus Mapala Anemon Wenseslaus Makawaehe serta anggota aktif dan pengurus. Pada kegiatan ini, panitia juga melakukan protokol kesehatan, seperti mengecek suhu tubuh peserta, menggunakan masker, menjaga jarak dan menggunakan hand sanitizer.

News Feed