Prodi TBI Polnustar Gelar Himapros, Bersih Pantai dan Penanaman di Pantai Kolongan Beha

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE — Program Studi (Prodi) Teknologi Budidaya Ikan (TBI) Politeknik Negeri Nusa Utara (Polnustar) melaksanakan kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himapros) bagi mahasiswa baru (Maba) tahun angkatan 2021. Dikatakan Ketua Prodi TBI Polnustar Edwin O Langi, bahwa kegiatan Himapros TBI Polnustar tahun 2021 adalah salah satu program tahunan untuk saling mengenal mahasiswa yang baru dengan senior, dosen, serta laboran.

“Kegiatan Himapros ini dilakukan agar Maba lebih memahami bagaimana pola pembelajaran yang cerdas pengetahuan, kreatif teknologi tepat guna dan produktif menghasilkan karya vokasi (Cakap) budidaya ikan,” jelas dia, Sabtu (8/10/2021).

Selain kegiatan pembinaan bagi Maba, kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan peduli lingkungan hidup berupa bersih pantai dan penanaman 22 pohon palem putri seputaran tempat wisata tugu salib dan 3 pohon bakau di muara kuala Kelurahan Kolongan Beha, Kecamatan Tahuna barat. Penanaman pohon ini diikuti 18 mahasiswa baru, 4 orang dosen, 3 orang alumni dan 3 orang laboran.

“Tujuan kegiatan penanaman pohon tersebut agar dapat membantu perbaikan badan aliran sungai, sehingga dapat memperkuat tepian daratan dan menambah keteduhan di setiap kawasan wisata yang ada di pesisir kota Tahuna. Harapan kami, kiranya kegiatan ini dapat dilanjutkan oleh semua pemerhati lingkungan,” ujar Langi.

Selain itu lanjut dia, kegiatan tersebut merupakan bagian dari pengenalan Program Studi dan pemahaman bersama akan pentingnya upaya penanaman pohon dengan tujuan mempertahankan fungsi lahan daratan sebagai tempat tinggal dan sumber kehidupan.

“Dan pastinya, dengan adanya kegiatan ini, Polnustar sangat peduli dengan lingkungan hidup didaratan, pesisir maupun laut. Kami berterima kasih kepada MPA Anemon Polnustar yang sudah mendukung kegiatan penanaman ini lewat penyediaan bibit tanaman hias dan mangrove,” pungkas Langi.