Puluhan Siswa Terjaring Patroli Gabungan Polres Kotamobagu Saat Berkeliaran Pada Jam Sekolah

KOTAMOBAGU, Berita Online Lokal.Com – Puluhan Siswa terjaring Razia gabungan Polres Kotamobagu bersama Kodim 1303 Bolmong serta instansi terkait saat berkeliaran diluar jam belajar sekolah Kamis (31/8/2023).

Tim gabungan TNI-Polri, Sat Pol PP Kotamobagu serta dinas pendidikan nasional Kotamobagu ini melaksanakan patroli menyisir lokasi-lokasi yang sering digunakan oleh anak-anak sekolah untuk berkumpul saat jam pelajaran sekolah berlangsung.

Kegiatan pengawasan dan razia terhadap anak-anak sekolah yang berkeliaran diluar sekolah ini dipimpin Kasubag Dal Ops Polres Kotamobagu AKP Joel Lalensang menemukan anak-anak sekolah yang tidak masuk sekolah saat jam pelajaran berlangsung.

Dari hasil patroli gabungan ini ditemukan 41 siswa dari berbagai SMA dan SMK serta SMP diwilayah Kotamobagu dan 2 diantara mereka adalah siswi SMA. Anak-anak sekolah ini kemudian digiring ke Mapolres untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Kegiatan ini merupakan bagian dari pengawasan dan penanggulangan kekerasan yang melibatkan anak-anak sekolah seperti tawuran antar sekolah yang sebelumnya telah disepakati dalam rapat koordinasi antar instansi terkait tentang penanganan siswa yang berkeliaran diluar sekolah saat jam sekolah Rabu (30/8/2023) di Polres Kotamobagu.

Selain razia terhadap anak-anak sekolah yang berkeliaran ini, dilaksanakan juga pembinaan dan penyuluhan disekolah-sekolah pada saat apel pagi atau upacara untuk mencegah dan memberi edukasi kepada siswa.

Para siswa yang kedapatan berkeliaran ini, selain diberi pembinaan, juga menandatangani surat pernyataan untuk tidak melakukan perbuatan yang sama dikemudian hari.

Kapolres Kotamobagu AKBP Dasveri Abdi, SIK melalui Kasi Humas Iptu I Dewa Dwiadnyana menegaskan bahwa kegiatan patroli gabungan ini untuk mengantisipasi tawuran, balap liar maupun gangguan Kamtibmas lainnya, dan kegiatan ini mendapat dukungan dari pihak sekolah maupun orang tua siswa.

(Hery)