Sambangi Menpora RI, Bupati Gaghana Lobi Pembangunan GOR dan Stadion di Sangihe

 

Peliput: Andika Janis

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME menyambangi kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Kunjungan orang nomor satu di tanah tampungang lawo ini bertujuan melobi anggaran dari Pemerintah pusat untuk pembangunan di Kabupaten Sangihe.

Menurut Gaghana, Kabupaten Sangihe masih membutuhkan sentuhan dari Pemerintah pusat berupa dukungan anggaran dalam mendorong pembangunan khususnya di bidang Olahraga.

“Tidak dapat dipungkiri, Sangihe memiliki potensi dan telah mencatat sejumlah atlit asal Sangihe yang telah berprestasi di bidang olahraga baik di tingkat Daerah, Provinsi bahkan mancanegara,” kata Gaghana dihadapan Menpora RI Zainudin Amali, Selasa (30/3/3021) bertempat di Kantor Kemenpora RI, Jakarta.

Dikatakannya, kedepan pemerintah kabupaten Sangihe sangat optimis bahwa masih banyak lagi para olahragawan Sangihe yang mampu berprestasi lebih gemilang lagi.

“Tinggal bagaimana sumber daya manusia ini harus ditunjang dengan Fasilitas Sarana dan Prasarana Olahraga yang tersedia di Daerah,” terang Gaghana.

Bupati mengatakan, yang saat ini memerlukan perhatian Pemerintah pusat adalah penyelesaian GOR yang sebelumnya telah memperoleh dana untuk pembangunannya sebanyak Rp 15 Milliar oleh Pemerintah pusat yang di sharing dengan penganggaran Anggaran Pendapatan Belanja Daerah. Dalam kesempatan yang sama, bupati menyampaikan permohonan bantuan anggaran untuk pembangunan Stadion Olahraga yang pada saat ini sudah ada di tahapan penyediaan lahan.

“Namun, karena adanya refocusing anggaran akibat pandemi covid-19 di Indonesia, maka penganggaran untuk penyelesaian GOR belum dapat terealisasi. Pemkab Sangihe sangat berharap apa yang menjadi permohonan ini dapat dipertimbangkan dan diakomodir oleh Pemerintah pusat melalui Kemenpora RI,” ucap dia.

Sementar itu, Menpora menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemkab Sangihe yang begitu gigih dalam memperjuangkan pemgembangan Bidang Olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Khusus untuk pembangunan fisik karena telah dialihkan ke Kementerian PUPR, maka Pemerintah dapat melakukan lobi pula di Kementerian PUPR, namun disamping Itu pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga tetap akan mencatat apa yang disampaikan oleh Bupati untuk dapat dibantu melalui program Kemenpora bagi pemgembangan bidang Olahraga di Kabupaten Kepulauan Sangihe dan dan dikoordinasikan dengan Kementerian PUPR.

“Kita berkerinduan akan terus ada olahragawan dari daerah-daerah perbatasan yang berprestasi di tingkat Nasional bahkan Mancanegara. Dan hal ini akan kita tunjang, tinggal melihat secara teknis kedepan hal-hal apa saja yang dapat ditindaklanjuti dalam pengembangannya,” pungkas Menpora.