Tamuntuan Lakukan Kunker ke DLH Kabupaten Karangasem Bali

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Penjabat Bupati Kepuluan Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Karangasem Bali, Rabu (27/7/2022). Dalam kunjungannya, bupati turut didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah Kabupaten Kepulauan Sangihe, Frans Purawouw SIP.

Dikatakan bupati, kunker tersebut bertujuan untuk mendapatkan informasi dan melihat secara langsung proses penanganan sampah yang ada di Kabupaten Karangasam Bali.

“Kita ingin melihat secara langsung bagaimana proses penanganan sampah yang ada di kabupaten Karangasem ini,” ujar Tamuntuan.

Tamuntuan mencatat, bahwa aspek kebersihan lingkungan merupakan hal mendasar yang perlu untuk diperhatikan, guna menunjang berbagai sektor seperti halnya sektor pariwisata dan ekonomi.

“Untuk penertiban mengenai persampahan perlu diadakan Peraturan Daerah sehingga masyarakat dapat lebih teratur dalam penanganan sampah di lingkungan masing-masing, sehingga kebersihan dan keindahan Kota maupun Desa dapat terjaga,” jelas dia.

“Disamping itu pengolahan sampah yang ada di Desa/Kampung, dapat dilakukan secara mandiri oleh masyarakat desa dengan menggunakan dana Desa, seperti yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat Desa Macang Kecamatan Bebandem Karangasem,” sambung Tamuntuan.

Pada kunjungan tersebut, bupati bersama rombongan di terima oleh Kepada Bidang di DLH Kabupaten Karangasem. Setelah melakukan diskusi di Kantor DLH Kabupaten Karangasem Bali, bupati diajak untuk melihat langsung proses penanganan sampah yang ada di Desa Macang Kecamatan Bebandem Karangasem yang menjadi salah satu Desa yang telah melakukan lenanganan sampah secara mandiri.