oleh

Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun Digelar di SD Katolik St. Agustinus Tahuna

BERITA ONLINE LOKAL, SANGIHE – Vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 Tahun di Kabupaten Kepulauan Sangihe mulai bergulir. Pelaksanaan vaksinasi dilingkungan Sekolah Dasar (SD) ini digelar perdana di SD Katolik St. Agustinus Tahuna, Senin (24/1/2022).

Kepala Sekolah SD Katolik St. Agustinus Tahuna, Artati Lahieng menjelaskan bahwa, pihaknya sangat bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi siswa. Dirinya juga berterima kasih kepada orang tua siswa yang begitu antusias dalam mendukung program pemerintah.

“Memang sebelumnya ada beberapa orang tua wali yang menolak, namun setelah diberikan penjelasan oleh tim terkait vaksinasi, sehingga orang tua terlihat sangat antusias agar anak mereka bisa mendapatkan vaksinasi dosis pertama ini,” ujar Lahieng.

Dikatakan dia, jumlah siswa yang menerima vaksinasi di SD Katolik Tahuna ini sebanyak 197 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6. Lanjut dia, kegiatan vaksinasi ini juga hanya dilaksanakan selama 1 hari.

“Siswa yang menerima vaksin ada 197 siswa. Sebenarnya ada 202 siswa yang ada di SD Katolik Tahuna, namun ada dua siswa yang pindah sekolah, sedangkan beberapa siswa sudah berusia 12 Tahun dan telah menerima vaksin. Nantinya, siswa kami berikan waktu beristirahat dirumah selama 3 hari pasca divaksin,” ungkap dia.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Manente, Astrid Pintontoan, mengemukakan bahwa vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun harus dilakukan mengingat saat ini para siswa sudah mengikuti sekolah tatap muka, sehingga berpotensi terpapar infeksi virus.

“Vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun sangat penting, dimana saat ini mereka sudah melakukan tatap muka disekolah, sehingga kemungkinan interaksi saat di sekolah dan potensi terpapar infeksi virus itu ada, anak-anak ini juga termasuk kategori rentan. Jenis vaksin yang diberikan yaitu Sinovac,” pungkas Pinontoan.

News Feed