Salili Dicanangkan Jadi Desa Cantik dan Launching Pelayanan Jelita

BERITA ONLINE LOKAL, SITARO – Desa Salili, Kecamatan Siau tengah, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) dicanangkan sebagai desa Cinta Statistik (Cantik) oleh Badan Pusat Statistik, selain itu, kegiatan yang digelar di Balai Desa Salili, Senin (22/8/2022), juga melaunching Pelayanan Jendela Informasi Data (Jelita).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Sitaro, Agus T Poputra, yang hadir mewakili Bupati Kepulauan Sitaro, dalam sambutannya menyebutkan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu pembinaan terhadap aparat pemerintah desa serta masyarakat, tentang pentingnya data statistik bagi kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Juga membantu pemerintah desa, menata data statistik untuk memudahkan pelayanan permintaan data.

“Pada tahun 2022, Program Desa Cantik tahun ini merupakan kelanjutan dari program 100 Desa Cantik tahun sebelumnya. Sebagai salah satu quick win-nya, BPS menargetkan pembinaan statistik secara berkesinambungan dan menyeluruh terhadap satu desa atau kelurahan terpilih di setiap kabupaten serta kota di Wilayah Indonesia,” jelas Poputra.

Dikemukakan dia, terpilihnya desa Salili sebagai desa Cantik mewakili Kabupaten Sitaro, berdasarkan status desa dan berdasarkan hasil Indeks Desa (ID) tahun 202, serta kesiapan aparat dan fasilitas desa terhadap penyelenggaraan statistik sektoral secara mandiri. Dirinya berharap, dengan adanya program desa Cantik ini dapat memberi manfaat bagi semua kalangan, baik bagi desa, pemerintah daerah dan BPS sebagai instansi pembina data statistik.

“Manfaat yang diharapkan antara lain, dapat meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Optimalisasi penggunaan dan pemanfaatan data statistik sehingga program pembangunan di desa tepat sasaran. Sehingga diharapkan juga dapat meningkatkan kapasitas desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa untuk mendukung pengentasan kemiskinan,” harap dia.

“Saya mengharapkan partisipasi aktif dari berbagai kalangan masyarakat dan aparat di Desa Salili, untuk dapat menyukseskan program Desa Cantik, karena manfaat yang akan diperoleh tentunya akan kembali kepada masyarakat Desa Salili sendiri. Saya yakin bahwa Desa Salili ini dapat menjadi contoh teladan bagi pelaksanaan statistik secara mandiri untuk Desa atau Kelurahan lain di Sulawesi Utara dan juga ditingkat nasional,” sambung Poputra.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Sitaro, Irena Listianawati, Kepala OPD, Camat Siau Tengah, Camat Siau Barat Utara, Kapitalau Kampung Salili, Perangkat Desa Salili, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Desa Salili.