10 Siswa SMK Negeri 1 Siau Timur Ikut Uji Kompetensi Keahlian LSP-P3

BERITA ONLINE LOKAL, SITARO – 10 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Siau timur (Sitim) jurusan Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) mengikuti Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dari Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Ketiga (LSP-P3) di bawah naungan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Pelaksanaan UKK LSP-P3 yang mendatangkan 5 orang penguji dari Balai Latihan Kerja (BLK) Jakarta ini, digelar selama dua hari yaitu sejak tanggal 19 April 2022 sampai 20 April 2022, bertempat di ruang Laboratorium jurusan DPIB SMKN 1 Sitim.

Disampaikan, Djelikson Takainginang S.Pd, selaku Penguji internal LSP, bahwa pelaksanaan UKK LSP ini bertujuan untuk menyiapkan siswa-siswi dengan kompetensi yang saat ini dibutuhkan di dunia industri setelah lulus dari SMKN 1 Sitim nantinya.

“Nantinya siswa akan memperoleh sertifikasi LSP-P3 yang akan dikeluarkan oleh BNSP. Pastinya ini akan sangat bermanfaat bagi siswa saat akan masuk dalam dunia pekerjaan, khususnya di bidang industri,” jelas Takainginang, saat dikonfirmasi.

Menurut Takainginang, 10 siswa yang mengikuti uji kompetensi tersebut merupakan siswa terbaik di jurusan DPIB yang sudah disiapkan oleh pihak sekolah untuk mengikuti UKK LSP berstandar Nasional tersebut.

Sementara itu, salah satu penguji UKK Mandiri, Christian Tahulending S.Pd, berharap dengan adanya sertfikasi uji kompetensi ini dapat memberikan jaminan bagi siswa saat bergelut di dunia pekerjaan, setelah tamat dari sekolah.

“Harapannya, semoga menjadi pekerja yang memiliki daya saing dan berkompeten khususnya di bidang desain bangunan dan konstruksi dalam dunia industri,” pungkas Tahulending.