Gedung Wale Sam Ratulangi Diresmikan Rektor

BERITA ONLINE LOKAL, MANADO— Rektor Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA meresmikan gedung Wale Sam Ratulangi, Jumat (5/11/2021).

Peresmian Gedung Wale Sam Ratulangi

Menariknya, pada peresmian gedung tersebut ikut dihadiri pihak Keluarga dari mantan Gubernur Sulawesi Utara Pertama yakni Alm Dr Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau yang dikenal Sam Ratulangi. Yang juga hari ini merupakan hari kelahiran dari salah satu tokoh pahlawan Nasional ini

Dalam sambutannya Rektor menyebut bahwa suatu kehormatan bagi komunitas akademik Universitas Sam Ratulangi yang saat ini diberikan kesempatan untuk bertemu menyaksikan peresmian Wale Sam Ratulangi di tengah momentum HUT kelahiran Dr. GSSJ Ratulangi.

“Filsafatnya yang terkenal luas yakni Si Tou Timou Tumou Tou telah menjiwai penyelenggaraan Tridharma di perguruan tinggi tercinta ini. Kita semua baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan orang lain,” ujar Rektor.Ia menambahkan, penggunaan nama Sam Ratulangi tidak sekedar meminjam dan mencantumkan nama semata. “Lebih jauh lagi, kita semua diwariskan nilai-nilai yang terkandung dalam filsafat Beliau yakni mengarahkan kehidupan yang berproses secara terus-menerus mencapai kehidupan yang semakin berkualitas,” katanya.

Rektor berharap, kedepan Wale Sam Ratulangi akan terus dimanfaatkan untuk saling membangun dan saling menghargai sebagai bentuk kristalisasi nilai-nilai yang bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah Tou Minahasa yang penuh toleransi dan terbuka terhadap berbagai perubahan positif.

Sementara itu, cucu dari Dr GSSj Sam Ratulangi yakni Thor Sutan Assin dalam sambutannya mengatakan bahwa filsafat Si Tou Timou Tumou Tou menjadi fondasi dari kehidupan untuk manusia. “Keluarga besar mengucapkan sangat banyak terima kasih atas segala peringatan hari ulang tahun Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi, dan juga diabadikan di universitas ini,” ungkapnya.