Temuan Dana Kelurahan 2019 di Kecamatan Ranowulu Akhirnya Terungkap, Ini Kata Inspektorat

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Terkait informasi adanya temuan dana kelurahan tahun 2019 di kecamatan Ranowulu yakni kelurahan Danowudu, kelurahan Pinasungkulan dan kelurahan Duasudara akhirnya terungkap.

Plt. Kepala Inspektorat Kota Bitung, Yoke Senduk membenarkan bahwa berdasarkan audit pada tiga proyek tersebut ditemukan ada kekurangan volume pekerjaan.

“Benar temuan tersebut mayoritasnya pada pekerjaan pengadaan perpipaan dan pembuatan drainase. Awalnya jumlah temuan senilai Rp 199 juta tapi ada pekerjaan yang ternyata sudah dikerjakan, jadi tinggal berkisar Rp 79 juta,” ucapnya saat dikonfirmasi disela sidang Paripurna DPRD, Senin (20/9/2021) lalu.

Ia juga menambahkan, pihaknya langsung membentuk tim dan langsung memanggil pihak pelaksana terkait temuan tersebut.

“Pihak pelaksana punya itikad baik dan berjanji akan menyelesaikan ataupun mengembalikan temuan dari inspektorat dalam waktu dekat ini,” singkat Yoke yang juga menjabat Asisten III Pemkot Bitung.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, adapun pelaksana pekerjaan di 3 (tiga) kelurahan tersebut, CV. Julidka Blessing dengan anggaran Rp. 258.200.000 dengan lokasi pekerjaan di kelurahan Danowudu, CV. El-Charis anggaran Rp. 258.500.000 lokasi pekerjaan di kelurahan Pinasungkulan, sementara CV. Anugerah Tritunggal dengan lokasi pekerjaan di kelurahan Duasudara dengan anggaran Rp. 258.350.000,-.

Proyek yang dilakukan oleh pihak pelaksana atau kontraktor tidak menyelesaikan pekerjaan sesuai apa yang tertera di dalam kontrak (RAB), bahkan kuat dugaan dimonopoli oleh satu orang kontraktor dengan menggunakan perusahaan berbeda.