oleh

Puluhan Siswa SDN Inpres 6/80 Wangurer Ikut Asesmen Nasional Berbasis Komputer

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – SDN Inpres 6/80 Wangurer akhirnya telah mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang mengambil tempat di SD GMIM 2 Madidir.

Kegiatan yang dilaksanakan 22-23 November ini diikuti 30 siswa dengan dua sesi. “Kami gelar dua sesi dan dimulai sejak kemarin,” ucap Kepala SDN Inpres 6/80 Wangurer, Alwin A. Mamentu SPd MPd saat bersua dengan awak media, Selasa (23/11/2021).

Menurutnya, asesmen merupakan salah satu proses penting dalam pendidikan yang berguna untuk menilai efektivitas pembelajaran dan ketercapaian kurikulum.

“Proses asesmen sangat penting dilakukan untuk mengevaluasi sekaligus memperbaiki proses pembelajaran siswa,” ujar Alwin.

Asesmen Nasional lanjut Alwin, bertujuan untuk memetakan sistem pendidikan berupa input, proses, dan hasil melalui serangkaian tahapan.

“Hasil dari Asesmen Nasional tidak digunakan untuk melakukan pemeringkatan sekolah, melainkan untuk perbaikan kualitas belajar di sekolah-sekolah yang pada akhirnya diharapkan meningkatkan hasil belajar murid,” tuturnya.

Alwin pun menambahkan,sebelum ikut ANBK anak didik yang duduk di kelas V, sudah dilakukan pengenalan, pelatihan untuk menggunakan IT dan pengayaan serta mengacu pada buku panduan Asesmen.

News Feed