oleh

Unsrat dan Kepolisian Negara RI Sepakat Tandatangani MoU

BERITA ONLINE LOKAL, MANADO— Universitas Sam Ratulangi dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sepakat teken kerja sama yang dituangkan melalui Memorandum of Understanding (MoU), Kamis (11/11/2021).

MoU ditandatangani Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat M.Sc DEA dan Kapolda Sulut Irjen Pol Drs. Mulyatno, S.H., M.M., yang diwakili oleh Wakapolda Brigjen Pol. Johnny Eddizon Isir.

Sebagai perguruan tinggi yang berpredikat Akreditasi Klasifikasi Unggul dari BAN PT, Unsrat wajib menunjukkan citra predikat dengan menyelenggarakan pendidikan yang bermutu tinggi.

 “Kerja sama ini merupakan perpanjangan dari MoU yang pernah ditandatangani pada 2015 yang juga ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri yang sudah berakhir 2020,” kata Kumaat.

Unsrat sendiri menyambut baik kerja sama yang saling menguntungkan dengan berbagai pihak, termasuk juga dengan Polri, khususnya Polda Sulut.

Dalam implementasinya telah dilaksanakan berbagai kegiatan dalam lingkup pendidikan, kuliah umum, pelatihan Satpam, pengamanan dan vaksinasi massal.

“MoU ini dilanjutkan dengan berbagai perjanjian kerja sama dan kegiatan yang diimplementasi dengan intensitas yang cukup aktif,” tukasnya.

Sementara itu dari pihak Polda Sulut yang diwakili Pol Isir, mengatakan bahwa maksud dan tujuan MoU ini adalah untuk meningkatkan kualitas anggota Polri yang bertugas di Polda Sulut.

“Diharapkan anggota Polri mampu mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah-masalah sosial yang berkaitan dengan fungsi dan kelembagaan kepolisian sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing,” sebutnya.

Asisten SDM Kapolri Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil., dalam sambutan tertulis yang dibacakan Anjak Utama Bidang Jianstra SSDM Polri, menerangkan, MoU ini sejalan dengan salah satu rencana aksi dari Program Prioritas Kapolri yaitu meningkatkan kerjasama di dalam dan luar negeri pada pendidikan dan pelatihan anggota Polri.

“Kerja sama antara Polri dan Unsrat ini diharapkan dapat meningkatkan sinergisitas dan kolaborasi antara Polri dengan perguruan tinggi dalam rangka peningkatan kompetensi dan kapasitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi tantangan tugas saat ini dan di masa mendatang,” ujar Brigjen Pol Sri Eko Pranggono.

MoU yang sudah ditandatangani bersama ini, diharapkan segera diimplementasikan dalam bentuk kerjasama nyata, untuk memberikan manfaat yang signifikan bagi kedua belah pihak.

News Feed