oleh

Antisipasi Banjir di Musim Penghujan, Dinas PUPR Bitung Terus Pantau Kondisi Drainase

BERITA ONLINE LOKAL, BITUNG – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bitung lewat Tim Helm Merah bentukan Bidang Sumber Daya Air (SDA) terus memantau kondisi titik-titik drainase. Hal ini dimaksudkan sebagai langkah untuk mengantisipasi banjir dan genangan di musim penghujan.

Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kota Bitung, Rizal Sompotan ST MM saat ditemui awak media mengakui masih ada genangan atau banjir yang terjadi tapi tidak terlalu lama.

“Kita rutin melakukan pengerukan sedimen (pasir). Utamanya di beberapa titik-titik rawan banjir seperti depan PT. Machindo Sagerat, samping Gereja Sentrum dan jalan protokol lainnya,” tuturnya, Jumat (17/9/2021).

Ia juga mengimbau warga untuk menjaga kebersihan, mengingat banjir kerap terjadi akibat adanya penumpukan sampah di saluran air. Akibatnya air menggenang di badan jalan.

“Kami harapkan semua pihak sadar untuk turut menjaga kebersihan, tidak membuang sampah sembarangan. Kami akan upayakan ke depan tidak ada lagi banjir,” tuturnya.

Rizal menambahkan bencana alam baik banjir dan peristiwa lainnya merupakan tanggung jawab bersama yang harus dihadapi sehingga diperlukan adanya kewaspadaan oleh pemerintah dan khususnya bagi masyarakat sebelum musim hujan atau cuaca ekstrem melanda.

“Jadi persoalan Banjir dan bencana alam lainnya tidak bisa kita hindari tapi paling tidak kita bisa mewaspadai sejak dini, itulah yang menjadi tanggung jawab kita bersama,” tukasnya.

News Feed