oleh

Akhirnya Perbup Disahkan, Pekan ini 10 Kelurahan di Minsel Nikmati Dana Kelurahan.

Penantian panjang dari pemerintah kelurahan terkait anggaran dana kelurahan akhirnya menemukan titik terang. Pasalnya, dana kelurahan teraebut nyaris tak bisa digunakan karena aturan yang melekat untuk pemerintah daerah harus dan wajib membuat aperaturan Bupati (Perbup,red) tentang penggunaan dan pemanfaatan dana kelurahan yang notabene mirip dengan dana desa.
Bupati Christiany Eugenia Paruntu bertindak cepat dengan sesegara mungkin mengeluarkan Perbup yang tentu saja sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku agar program Presiden Jokowi ini bisa secepatnya dinikmati. Hasilnya, pekan ini 50 persen dari pagu anggaran dana kelurahan tersebut mulai ditransefer ke 10 kelurahan yang ada.
“Pemerintah dan masyarakat di 10 kelurahan di Minahasa Selatan mulai pekan ini akan menerima dana kelurahan. Perbup tentang pedoman pelaksanaan kegiatan pembangunan sarana prasarana kelurahan dan pemberdayaan masyarakat telah ditandatangani,”ujar Kepala Dinas Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Melky Manus.
Menurutnya, setiap kelurahan akan menerima lagu anggaran sebesar Rp 759 juta. “Sama seperti dana desa, dana kelurahan juga dibagi bertahap. Pekan ini 50 persen dana mulai disalurkan. Sementara itu, dari 759 juta, Rp40 juta merulakan anggaran operasional,”lanjut Manus.
Sementara itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu berharap, semua Lurah dan aparat memahami persis pedoman teknis terkait pengelolaan dana kelurahan. “Iya, mereka semua wajib tahu dan harus paham agar supaya bisa menghindari kesalahan dalam pengelolaan anggaran. Masyarakat juga harus mengawasi, agar penggunaan anggaran bisa tepat sasaran,”tegas Ibunda dari Calon DPR RI Adrian Paruntu ini. (citra soputan)

News Feed