Ketum Jhodi Yudono Lantik Pengurus IWO se-Sulut

 

BERITA ONLINE LOKAL,MINAHASA—.
Ketua Umum (Ketum) Ikatan Wartawan Online (IWO) Jodhi Yudono meminta kepada wartawan anggota IWO agar dalam pemberitaan bersikap adil, alias tidak memihak.
Hal itu dikatakan Jodhi saat melantik pengurus Pimpinan Wilayah (PW) Iwo Sulawesi Utara (Sulut) bersama pengurus Pimpinan Daerah Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara dan Kabupaten Minahasa Selatan di Benteng Moraya Senin (17/10/2022).
‘’Wartawan, terutama yang menjadi anggota IWO dalam pemberitaannya harus bersikap adil dan tidak memihak dan memperhatikan kode etik jurnalistik,’’ kata Jodhi.
Diakuinya, sepanjang sejarah terbentuknya IWO, banyak memperoleh tantangan, seperti sering mendapat ancaman. Oleh karena itu, wartawan senior itu meminta agar memberitakan yang benar dan jangan hanya sepihak. Jika sudah memberitakan yang benar, tentunya akan terhindar dari masalah.
Memang lanjutnya, IWO memiliki Lembaga Bantuan Hukum (LBH) yang fungsinya melindungi dan memberi bantuan hukum bagi anggota yang bermasalah dalam pemberitaan yang dikepalai Sandy Najoan. Meski begitu, ia meminta agar sedapatnya menghindar dari hal-hal yang bisa berakibat pada masalah hukum.
‘’IWO adalah bagian dari gerakan budaya. Membangun peradaban dan kemanusiaan. Bangun ahlak yang baik. Diri kita memiliki kasih sayang, kata Ketum IWO dalam kegiatan pelantikan dan Rapat Kerja (Raker) I IWO Sulawesi Utara.
Sementara Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE yang diwakili Weldie R Poli SP MA, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setda Provinsi Sulawesi Utara dalam sambutannya berharap para wartawan IWO bisa berkontribusi bagi pembangunan daerah Provinsi Sulawesi Utara.
Menurut gubernur, wartawan mempunyai peran besar dalam kehidupan bermasyarakat dan berbangsa. Wartawan sebagai ganda terdepan senantiasa diharapkan memberikan informasi terpercaya serta akurat kepada masyarakat sehingga masyarakat paham apa yang harus dilakukan di masa sekarang dan masa yang akan datang.
‘’Wartawan diharapkan bisa membuka sekaligus mengajak masyarakat untuk mendukung dan terlibat dalam pembangunan dengan program-program yang disusun yang semuanya untuk kesejahteraan masyarakat,’’ kata Jodhi.
IWO sendiri di tahun 2022 ini sudah berusia 10 tahun dan pada 5 dan 6 November 2022 nanti akan menggelar Musyawarah Bersama II yang rencananya dilaksanalkan di Jakarta.
Hadir dalam pelantikan dan rapat kerja tersebut, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) Ir Stefanus BAN Liow MAP, mewakili Bupati Minahasa Kadis Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Maya Kainde serta pejabat lainnya.

(Meyfi Benua)