Peduli Lingkungan, Koramil Ratahan Pimpin Penanaman Pohon di Bantaran Sungai Rapola

BERITA ONLINE LOKAL, RATAHAN— Koramil/11 Ratahan di bawah pimpinan Kapten Inf Sulistyo menggelar penanaman sejuta pohon serentak di wilayahnya, Kamis (14/4/2022).

Aksi ini dipusatkan di Bantaran Sungai Rapola Desa Rasi, Kecamatan Ratahan, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), dengan melibatkan pemerintah kecamatan, unsur Polri, Sat Pol PP, dan pemerintah desa/kelurahan, serta siswa SMPN 6 Ratahan, Pramuka, dan masyarakat Desa Rasi.

Penanaman pohon dilakukan secara simbolis oleh Camat, Danramil, Kapolsek, Kabid Pol PP, Kepala Desa, dan Kepala SMPN 6 Ratahan.

Sementara jenis pohon yang ditanam, yakni cempaka, durian, kayu manis, nantu, dan mahoni.

“Kita berharap dengan aksi ini dapat merangsang seluruh masyarakat untuk terus mencintai dan menjaga kelestarian lingkungan sekitar. Sebab dengan menjaga alam, niscaya alam akan menjaga kita,” ungkap Komandan Kodim 1302 Minahasa, melalui Danramil Ratahan, Kapten Inf Sulistyo.

Di lain pihak, aksi peduli lingkungan dari Kodim 1302 Minahasa melalui Koramil Ratahan diapresiasi Camat Ratahan, Arce Kalalo, yang turut serta dalam kegiatan ini.

“Alam dan lingkungan yang ada merupakan warisan dari nenek moyang kita. Sebab itu merupakan kewajiban kita untuk menjaga, merawat, dan melestarikannya demi anak cucu kita nanti. Terima kasih untuk Koramil Ratahan yang sudah memprakarsainya,” pungkas Arce Kalalo.

Senada, Hukum Tua Desa Rasi, Saul Lumopa, bangga dan berterima kasih atas kepedulian TNI dalam menjaga kelestarian lingkungan di wilayahnya.

“Ini sangat bermanfaat bagi kami karena Sungai Rapola merupakan sumber air yang mengairi sekitar 500 hektar persawahan di desa kami. Lewat penanaman pohon ini kami yakin akan mendorong kelestarian sumber daya air ini,” kata Saul Lumopa.

Kegiatan ini turut dihadiri Kapolsek Ratahan yang diwakili Wakapolsek Iptu Rony Mawikere Kabid Pol PP Mitra, Ziko, Kepala Sekolah SMPN 6 Ratahan, dan undangan lainnya.