Pasca Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Mitra Sukses Gelar Rapat Evaluasi Penanganan Pelanggaran

Ratahan,Beritaonlinelokal.com — Pasca Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024, Bawaslu Minahasa Tenggara menggelar Rapat Evaluasi Penanganan Pelanggaran dan Hasil Penanganan Pelanggaran Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara pada Pemilu Tahun 2024, Rabu (17/4/2024) Kemarin.
Menurut Ketua Bawaslu Minahasa Tenggara Yobby Longkutoy,MM rapat evaluasi ini sebagai bentuk konsolidasi antar-jajaran kelembagaan pengawas Pemilu. Hal ini bertujuan untuk memetakan kendala yang dihadapi dan merumuskan strategi penanganan pelanggaran yang lebih baik. Salah satu fokus utamanya adalah perkuatan komitmen bersama dalam alur dan sistem koordinasi antar-kelembagaan.

“Melalui perkuatan Komitmen Bersama terhadap alur dan sistem koordinasi antar-kelembagaan dalam implementasi model pencegahan serta penanganan temuan dan penerimaan laporan dugaan pelanggaran Pemilu tersebut, bersama-sama kita wujudkan keterpaduan langkah dalam penatalaksanaan dukungan masing-masing unsur kelembagaan terhadap kesiapan kelembagaan pengawas Pemilu dalam mewujudkan Pemilu yang demokratis menjelang, pada saat dan pasca penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024,” Ungkap Longkutoy.

Kemudian, lanjut Longkutoy, implementasi model pencegahan serta penanganan temuan dan penerimaan laporan dugaan pelanggaran Pemilu dapat berjalan secara berkualitas.

“Dengan demikian, kita dapat menguatkan sistem pengawasan kepemiluan baik secara internal maupun eksternal sesuai dengan amanat peraturan Perundang-Undangan,” tambah Lungkutoy.

Dengan adanya rapat evaluasi ini, diharapkan penanganan pelanggaran pada Pemilu mendatang dapat dilakukan dengan lebih efektif dan efisien, serta meningkatkan kualitas demokrasi dalam proses Pemilu di Minahasa Tenggara.